Analisis Penggunaan Media Video Pada Tema Selamatkan Makhluk Hidup Kelas VI SD Negeri 105371 Sei Tontong

  • Ahmad Marwan Universitas Negeri Medan
Keywords: Analisis, Media, Video Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujua mendeskripsikan analisis penggunaan media video pembelajaran pada tema selamatkan makhuk hidup kelas VI SD Negeri 105371 Sei Tontong Kabupaten Serdang Bedagai.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes dan obervasi. Penulis bertindak sebagai instrumen pengumpul data. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif melalui tahap reduksi data, penyajian dataserta dan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI tahun pelajaran 2020/2021. Hasil Penelitian yang diperoleh dari jumlah siswa sebanyak 30 orang. 8 orang siswa mendapatkan nilai tertinggi dan 6 orang siswa mendapatkan nilai kurang dari KKM. Penggunaan media video pembelajaran dalam pembelajaran IPA dapat menumbuhkan pengetahuan, memudahkan siswa dalam memahami materi, sehingga pembelajaran lebih efektif dan bervariasi.

References

Abraham, T.A. and Herr. 1964. Activity of Fathurohman, M. (2007). Belajar dan pembelajaran Modern. Garudhawaca. Yogyakarta.
Jufri, A.W. (2017). Belajar dan Pembelajaran Sains. Pustaka Reka Cipta. Bandung.
Novita, L., Sukmanasa, E., dan Pratama, M.Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education. 3(2). 64-72.
Nurdiyansyah, dan Fahyuni, E.F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran, Nazamia Learning Center. Sidoarjo.
Riyana, C. (2012). Media Pembelajaran. Kementerian Agama RI. Jakarta
Risky, S.M. (2019). Analiss Penggunaan Media Video pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan. 28(2). 73-79.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan. Alfabeta. Bandung.
Tawil, M., dan Liliasari (2014). Keterampilan-keterampilan Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Banan Penerbit UNM. Makasar
Published
2020-12-30