Analisis amanat dalam antologi puisi Merengkuh Asa

  • Dinda Saputri Universitas Samudra
  • Desy Irafadillah Effendi Universitas Samudra
  • Joko Hariadi Universitas Samudra
Keywords: Antologi puisi, Amanat puisi, Struktur batin

Abstract

Setiap puisi memiliki amanat yang tersirat, sehingga diperlukan analisis lebih dalam untuk memahami amanat yang ingin disampaikan penyair dalam puisinya. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan amanat yang terdapat dalam puisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah antologi puisi Merengkuh Asa karya penyair Aceh, terdapat 34 penyair dan 157 puisi di dalamnya. Data dalam penelitian ini yaitu amanat yang terdapat dalam 17 puisi. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 17 puisi yang dianalisis, dapat dilihat secara umum puisi ini memiliki banyak amanat,  namun yang banyak muncul adalah (1) cintailah seseorang sewajarnya saja; (2) berbaktilah kepada orang tua; (3) lestarikan adat istiadat; (4) jangan pantang menyerah; (5) seorang pemimpin agar lebih memperhatikan rakyatnya; dan (6) setialah dalam menjalin suatu hubungan.

References

Ahsin, M. N. (2017). Analisis Struktur dan Nilai Koservasi Beberapa Puisi pada Antologi Puisi Bersiap Menjadi Dongeng. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni. Vol. 18, No. 1. April 2017.
Azwardi. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.
Bahtiar, A., Sangaji N. H., Sulistjani, E., dan Ahmad, M. G. (2017). Kajian Puisi. Tanggerang: Pustaka Mandiri.
Darlis. (2016). Struktur Batin Lima Puisi Chairil Anwar dalam Kumpulan puisi Aku Ini Binatang Jalang. Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra). Vol. 2, No. 1. Juli 2016.
Departemen Pendidikan Nasional. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Djojosuroto, K. (2006). Pengajaran Puisi Analisis dan Pemahaman. Bandung: Penerbit Nuansa.
Harun, M. dan Wahyuni, S. (2018). Analisis Struktur Fisik dan Struktur Batin Puisi Anak dalam Majalah Potret Anak Cerdas. Jurnal Mahasiswa MPBSI PPs Unsyiah dan Dosen Tetap pada PBSI FKIP Unsyiah. Vol. 6, No.2. Mei 2018.
Nofianty, D. G. dan Kurnia, F. (2018). Analisis Struktur Batin dan Struktur Fisik Pada Puisi ‘Ibu’ Karya D. Zawawi Imron. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 1, No. 5. September 2018.
Nurgiyantoro, B. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pradopo, R. D. (2017). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Prawira, P. A. (2012). Psikologi Umum dengan Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Siswanto, W. (2013). Pengantar Teori Sastra. Jakarta: PT Grasindo.
Siswantoro. (2018). Metode Penelitian Sastra Analisis Struktur Puisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sujanto, A. (2014). Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara.
Syamsuddin, V. D. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Waluyo, H. J. (1991). Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
-----------------------. (2005). Apresiasi Puisi untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Wirawan, G. (2016). Analisis Struktural Antologi Puisi “Hujan Lolos di Sela Jari” Karya Yudhiswara. Jurnal Pendidikan dan Bahasa Sastra Indonesia. Vol. 1, No.2. September 2016.
Yuliantoro, A. (2018). Pengajaran Apresiasi Puisi Mencipta Puisi Memahami Puisi Membaca Puisi dan Deklamasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Published
2020-12-30