Keahlian Dalam Memecahkan Masalah Secara Matematis Dengan Rasa Kepercayaan Diri Bagi Siswa SMP

  • Elsha Br Sitorus Universitas Samudra
  • Raihan Sriamilia Universitas Samudra
  • Roni Priyanda Universitas Samudra
Keywords: Matematika, pemecahan masalah, SMP

Abstract

Dalam memhami suatu permasalahan siswa dilatih terus menerus agar memiliki keahlian dalam mamahami suatu masalah, untuk memahami suatu masalah yang perlu dilakukan yaitu: memahami isi suatu masalah, mencari solusi dari masalah, dan menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan agar dapat memahami serta memiliki keahlian untuk memecahkan masalah yang ada serta membangun rasa dan minat yang tinggi dalam menyelesaikan materi aritmatika sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu secara kualitatif melaui pendekatan terhadap siswa. Untuk mendapatkan data yang diiginkan peneliti menggukan tes kemampuan dasar kepada 35 siswa SMP dengan melakukan wawancara serta tes tertulis untuk mengetahui siswa mana yanng memiliki kemampuan dalam pemecahan masalah yang diberikan. Dari metode yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan masih sangat rendah kemampuan para siswa dalam memecahkan masalah. Siswa masih kesulitan dalam menafsirkan atau memahami masalah dan hanya beberapa yang mampu menyelesaikan serta membangun rasa kepercayaan diri dan tidak takut salah dalam mengerjakan soal aritmatika sosial.

References

Ali, M. (1999). Strategi dalam melakukan Penelitian Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta. Branca. (1980). Pemecahan Masalah sebagai Tujuan, Proses, dan Keterampilan Dasar. Di S.
Krulik, & R. E. Reys, Pemecahan Masalah di Matematika Sekolah (hlm. 3-8). Reston, VA: Dewan Nasional Guru Matematika.
Hannula, et al. (2004). Pengembangan Pemahaman dan Percaya Diri dalam Matematika; Kelas 5-8. Dalam M. J. Hoines, & A. B. Fuglestad (Ed.), Prosiding Konferensi ke-28 dari Grup Internasional untuk Psikologi Pendidikan Matematika. 3, hlm. 17-24. Bergen: PME.
Hendriana. (2012). Metode Pembelajaran Yang Mudah Dengan Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Infinity Journal, 1(1), 90-103.
Khairiah, et al. (2015). Keterkaitan Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa dengan Hasil Belajar Kelas VIII MTSN. Banjarmasin.
Muslim. (2017). Pengaruh Terhadap Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Skema Matematis Terhadap Perkembangan Siswa.
Putra, H. D. (2016). Metode untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Secara Teoritis Matematis. STKIP Siliwangi.
Putra, H. D. (2017). Metode pengembangan Dalam Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa SMA.
Putra, H. D., et al. (2017). Pengembangan LKS untuk Meningkatkan Kemampuan Pengajuan Masalah Matematika.
Putra, H. D., et al. (2018). Kemampuan Memahami Data pada Masalah Matematika Pada Siswa MTs. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 48-61.
Putra, H. D., et al. (2018). Cara Memahami Pola Berfikir Secara Matematis Pada Siswa SMP di Bandung Barat.
Putra, H. D., et al. (2018). Kemampuan Dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Siswa SMP Yang Diberikan pada Materi Bangun Ruang.
Rohayati, I. (2011). Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Jurnal Edisi Khusus, 1, 368-376.
Ruseffendi. (2006). Metode Pembelajara dalam Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya untuk Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA (Edisi Revisi ed.). Bandung: Tarsito.
Sofiyan, Amalia, R, dan Suwardi, AB. (2020). Development of mathematical teaching materials based on project-based learning to improve students' HOTS and character. Journal of Physics: Conf. Series 1460: 012006.
Susanti. (2017). Pemahaman untuk Memecahkan Masalah pada Bahan Ajar Matematika SMP Ditinjau dari Aspek yang ada. Supremum Journal of Mathematics Education 1(2): 57-67.
Published
2020-12-30