Implementasi Metode Blended Learning Pada Era Pandemi Berbasis Aplikasi Zoom, Dan Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMA Kelas XI

  • Fira Yolanda Universitas Samudra
  • Siti Rohima Universitas Samudra
  • Titi Lestia Sriwahyuni Universitas Samudra
Keywords: Blended Learning, Aplikasi, Kemandirian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menjabarkan implementasi dari metode blended learning dengan aplikasi zoom dan keterlibatannya dengan kemandirian belajar. Masa pandemi membuat para siswa belajar secara daring sehingga dibutuhkan aplikasi yang dapat mendukung proses pembelajaran dan salah satunya menggunakan aplikasi zoom. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa SMA Kelas 2 di kota Langsa berjumlah 10 orang. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dari penelitian ini dilakukan berdasarkan aktifitas proses pembelajaran siswa selama masa pandemi saat ini. Dan pengumpulan data juga di ambil di dari respon siswa terhadap penerapan metode blended learning berbasis aplikasi zoom. Dari hasil analisis data yang telah di kumpulkan, di dapati hasil bahwa implementasi dari metode blended learning berbasis aplikasi zoom memberi pengaruh positif.

References

Braham, I. A. (2020). Penggunaan Zoom sebagai pembelajaran berbasis online dalam mata kuliah sosiologi dan antropologii pada mahasiswa PPKN dan STKIP Kesumanegara Jakarta. Jurnal ilmu pendidikan nonformal. Vol 6 (2).
Ekayati, R. (2018). Implementasi metode blended learning berbasis aplikasi Edmodoā€¯ Jurnal EduTech. Vol 4 (2)
Sofiyan, Amalia, R, dan Suwardi, AB. (2020). Development of mathematical teaching materials based on project-based learning to improve students' HOTS and character. Journal of Physics: Conf. Series 1460: 012006.
Published
2020-12-30