Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Menggunakan Media Papan Berpaku Pada Materi Geometri Bangun Datar Di Kelas V SDN 054942 Tegal Rejo

  • Humairoh Humairoh Universitas Samudra
  • Nurfauzzyah Nurfauzzyah Universitas Samudra
Keywords: Minat Belajar, Geometri Bangun Datar

Abstract

Penuruanan minat belajar pada peserta didik disebabakan oleh banyak faktor yang dapat menghambat minatnya salah satunya guru tidak mengevaluasi media pembelajaran yang digunakan saat proses belajar, karena dengan pemilihan media pembelajaran yang sesuai minat belajar peserta didik akan meningkat. Media papan berpaku bisa dijadikan pilihan untuk menerapakan teori geometri bangun datar yang abstrak menjadi nyata. Dalam proses pembelajaran peserta didik lebih memahami saat menggunakan media pembelajaran karena dengan media pembelajaran peserta didik terlibat langsung dan mendapatkan pengalaman secara langsung. Sebelum menggunakan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar minat belajar peserta didik di kelas V SDN 054942 Tegal Rejo tergolong rendah dan hasil belajarnya tidak memuaskan. Namun setelah menggunakan media papan berpaku minat belajar peserta didik menjadi meningkat dan hasil belajarnya lebih memuaskan.

References

Anugrah Muhammad. 2019. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta. Leutikaprio
Osman T. dkk. 2007. Matematika Kelas 5 Sekolah Dasar. Bandung. Yudistira
Purwanto. 2007. Minat Belajar. Jakarta.
Saptorini Koeshartati. 2010. Matematika kelas 5 SD. Bandung. Kaifa Learning.
Sofiyan, Amalia, R, dan Suwardi, AB. (2020). Development of mathematical teaching materials based on project-based learning to improve students' HOTS and character. Journal of Physics: Conf. Series 1460: 012006.
Susanto Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenamedia Guru.
Published
2020-12-30